Asam lambung rendah apa penyebabnya ?

By | 21/04/2017

Asam lambung rendah apa penyebabnya ? Asam lambung rendah (hypochlorhydria) seringkali sulit didiagnosis karena bisa menghadirkan gejala yang mirip dengan asam lambung tinggi, seperti mulas. Kondisi itu sendiri sering diremehkan namun melibatkan produksi asam lambung yang rendah. Asam lambung diproduksi oleh sel parietal yang ditemukan di perut. Bila ada kekurangan asam lambung, kondisinya dikenal dengan nama achlorhydria.

Asam lambung rendah apa penyebabnya ?

Periset menduga hampir separuh lansia berusia di atas 65 menderita asam lambung rendah. Hal ini sangat umum terjadi karena produksi asam lambung berkurang setelah usia 40 tahun.

Asam lambung merupakan bagian integral dari sistem pencernaan karena membantu untuk tidak hanya memecah makanan yang kita makan tetapi juga memungkinkan pelepasan nutrisi dari makanan. Karena itu, hidup dengan asam lambung rendah dapat menyebabkan masalah pencernaan, radang usus kronis, dan penyerapan nutrisi yang lebih rendah.

Apa saja gejala asam lambung yang rendah?

Gejala yang berkaitan dengan asam lambung rendah sebenarnya melimpah, namun ada beberapa kunci yang ingin Anda perhatikan. Seperti disebutkan, gejala asam lambung yang rendah sebenarnya sangat mirip dengan asam lambung tinggi, yang bisa membuat diagnosis sedikit menantang pada awalnya tanpa pengujian yang tepat.

Beberapa gejala utama asam lambung rendah yang harus Anda perhatikan meliputi:

  • Mulas atau GERD
  • Kembung dan kram
  • Sembelit atau diare
  • Beberapa sensitivitas makanan
  • Jerawat atau eksim
  • Rambut kering atau kulit
  • Anemia atau kelemahan
  • Rambut rontok pada wanita
  • Gangguan pencernaan, bersendawa atau bersendawa biasa setelah makan
  • Sudah dalam satu jam mengkonsumsi rata-rata
  • Infeksi usus kronis
  • Makanan yang tidak tercerna dalam bentuk tinja
  • Kelelahan kronis
  • Kuku lemah atau retak
  • Kekurangan protein dan mineral
  • Osteoporosis
  • Memiliki kelainan autoimun

Apa penyebab asam lambung rendah?

Asam lambung diproduksi di perut, namun ada faktor yang bisa menghambat atau membatasi produksi itu. Penyebab asam lambung rendah meliputi:

  1. Terlalu sering menggunakan antibiotik
  2. Infeksi H. pylori
  3. Stres kronis
  4. Mengonsumsi makanan yang buruk
  5. Makan terlalu cepat atau makan selagi di perjalanan
  6. Terlalu banyak menggunakan NSAID (seperti Tylenol atau aspirin)
  7. Menggunakan inhibitor pompa proton (digunakan untuk mulas dan acid reflux)
  8. Memiliki pertumbuhan bakteri usus kecil
  9. Penuaan Seperti disebutkan, kurang asam lambung yang diproduksi dimulai sejak awal
  10. Memiliki kepekaan makanan
  11. Komplikasi asam lambung rendah

Meski asam lambung rendah tidak didiskusikan sesering asam lambung tinggi, meski harus didiagnosis dan dirawat karena bisa menimbulkan komplikasi medis serius. Komplikasi akibat asam lambung rendah meliputi:

  • Ketidakmampuan untuk mencerna protein dengan baik, yang dapat menyebabkan kekurangan gizi dari waktu ke waktu.
  • Menyebabkan ketidakseimbangan asam basa, yang bisa membuat darah menjadi asam dan menimbulkan racun di dalam usus.
  • Pertumbuhan berlebih dari patogen dan penyakit seperti kanker.
  • Kekurangan mineral, karena nutrisi tidak bisa diserap dengan baik.

Leaky gut syndrome, yang merupakan kondisi yang menyebabkan saluran pencernaan menjadi permeabel, memungkinkan makanan, bakteri, limbah, dan partikel makanan yang belum tercerna melewatinya.

Uji asam lambung rendah

Untuk mendiagnosis asam lambung dengan benar, ada tiga tes yang bisa dilakukan dokter Anda. Mereka:

Uji asam perut Heidelberg. Ini adalah tes yang paling mahal untuk asam lambung rendah tapi dianggap standar emas. Tes ini dilakukan dengan menggunakan kapsul kecil dengan pemancar radio yang mencatat pH seseorang. Pasien kemudian meminum larutan natrium bikarbonat. Tingkat PH kemudian dicatat dan diberi grafik secara berkala. Ini adalah bentuk pengujian paling rinci yang dapat mengukur asam lambung dan akan memberi dokter Anda gambaran yang jelas tentang apa yang terjadi di dalam perut Anda.

Uji asam lambung baking soda. Untuk tes ini, pasien meminum baking soda, menciptakan reaksi kimia di tubuh. Akibatnya, karbondioksida dihasilkan, yang menghasilkan burping. Meski tes ini hemat biaya dan mudah, bisa jadi sulit mengendalikan semua variabel yang bisa mempengaruhi hasilnya. Tes ini bisa dilakukan di rumah meski dengan mengkonsumsi baking soda bercampur air dan menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan agar Anda bersendawa. Jika Anda belum berkelahi dalam waktu lima menit, hentikan waktu, karena itu adalah indikator asam lambung rendah-biasanya, Anda harus bersendawa dalam dua atau tiga menit.

Betaine HCL menantang tes untuk asam lambung rendah. Tes di rumah ini lebih dapat diandalkan daripada uji soda kue dan kit dapat dibeli dengan mudah secara online. Anda perlu betaine HCL dengan pepsin, untuk makan makanan protein tinggi (dengan setidaknya enam ons protein), ambil pil dari HELL makan siang betaine dan selesaikan makanan Anda sambil memperhatikan tubuh Anda. Tes ini dapat menghasilkan dua hasil: yang pertama adalah bahwa tidak ada yang terjadi, yang merupakan tanda asam lambung rendah, dan yang kedua adalah Anda merasa sakit perut seperti berat dan sakit maag, yang menandakan asam lambung normal. Disarankan agar tes ini diulang beberapa kali untuk memverifikasi hasilnya karena tidak 100 persen sangat mudah. Umumnya, dua tes positif menunjukkan bahwa Anda memiliki asam lambung rendah dan Anda harus berbicara dengan dokter tentang pengobatan.

Bagaimana Anda memperbaiki asam lambung rendah?

Apakah Anda telah menyelesaikan tes asam perut di rumah atau melihat dokter Anda begitu Anda didiagnosis dengan asam lambung rendah, Anda mungkin bertanya-tanya apa langkah Anda selanjutnya. Nah, kabar baiknya adalah bahwa ada pilihan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk memperbaiki pencernaan, seperti menelan cuka sari apel atau pahit pencernaan. Biasanya, sebaiknya ambil betaine HCL, yang dipercaya bisa membantu melatih perut Anda untuk mempertahankan kadar pH.

Ini pada akhirnya adalah praktik terbaik untuk menyamarkan akar masalah asam lambung Anda yang rendah dan mengobatinya sehingga perut Anda bisa membaik seiring berjalannya waktu. Berbicara kepada dokter Anda dan melihat kebiasaan gaya hidup Anda dapat membantu Anda mempersempit akar penyebab asam lambung Anda yang rendah, yang dapat mengurangi risiko komplikasi di masa depan.

Asam lambung rendah apa penyebabnya ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *