Perbedaan antara maag kronis dan maag akut

By | 14/01/2017

Perbedaan antara maag kronis dan maag akut

Apa perbedaan antara maag kronis dan maag akut ? Maag merupakan penyakit yang dipicu oleh kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. Pada umumnya maag terbagi menjadi dua macam yaitu maag kronis dan maag akut.

Perbedaan antara maag kronis dan maag akut

Maag kronis juga dapat didefinisikan sebagai gangguan pencernaan yang terjadi akibat terjadinya iritasi pada selaput lendir pada lambung yang disebabkan oleh produksi asam lambung. Gangguan maag dapat dibedakan menjadi 2, yaitu maag kronis dan juga maag akut. Dimana keduanya memiliki gejala dan penyebab yang sama.

Namun, yang membedakan keduanya adalah gejala maag kronis bisa timbul secara menahun, sedangkan maag akut memiliki gejala yang mendadak yang terjadi hanya sementara waktu dan dalam waktu yang singkat.

Penyakit maag akut adalah suatu peradangan yang terjadi pada dinding bagian dalam lambung yang bersifat akut yang ditandai dengan kerusakan berupa pengikisan pada permukaan dinding bagian dalam lambung. Istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag yang terjadi secara tiba-tiba, dalam waktu singkat. Untuk menggambarkan rasa sakit (tingkat nyeri), istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag dengan rasa sakit pada perut yang hebat dan tajam.

Penyakit maag kronis adalah suatu peradangan yang terjadi pada dinding bagian lambung yang bersifat kronis dapat berupa peradangan pada permukaan dinding hingga peradangan pada seluruh lapisan dinding bagian dalam lambung. Istilah maag kronis digunakan untuk menggambarkan penyakit maag yang terjadi dalam periode lama dan berulang. Berbeda dengan maag akut, pada maag kronik proses peradangan terjadi perlahan -lahan, semakin lama semakin bertambah parah dan semakin menjadi berbahaya.

Jika waktu penyakit maag  kambuh maka kita akan merasakan sakit nyeri seperti di tusuk- tusuk yang terjadi di lambung kita. Sakit nyeri ini terjadi pada perut dan terkadang akan disertai dengan air liur yang terasa asin. Rasa sakit dan juga perih atau panas yang terasa dari leher hingga bagian tengah perut meruapakan gejala umum yang dirasakan ketika terserang penyakit maag ini. Pada saat maag ini kambuh, lambung kita akan menolak datangnya berbagai benda yang masuk, sehingga jika kita makan maka makanan tersebut akan keluar dan lambung kita terasa otomatis akan mengeluarkan makanan tersebut. Hal ini juga terjadi pada minuman.

Orang yang mengkonsumsi obat rematik selama lebih dari 1 bulan biasanya juga tidak menyadari kalau lambungnya luka parah. Gangguan baru disadari setelah mengalami pendarahan. Dalam keadaan normal, ada keseimbangan antara faktor agresif yang merusak lambung dan depensif yang melindungi lambung. Hal ini bisa menimbulkan terjadinya penyakit maag kronis sampai kanker lambung.

Pengobatan maag kronis dapat dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Pasien yang mengalami maag kronis yang disebabkan oleh bakteri H. Pylori dapat dilakukan pengobatan dengan pemberian antibiotik maupun dilakukan dengan terapi eradikasi yang menggabungkan beberapa antibiotik.

Ada banyak sekali macam-macam obat maag yang bisa kita dapatkan dengan mudah di apotik- apotik atau toko obat atau bahkan di warung- warung yang ada di sekitar kita. Namun bagi Anda yang tidak biasa menggunakan obat sembarangan, tentunya akan lebih memilih cara aman yakni dengan menggunakan bahan- bahan alami yang berasal langsung dari alam.

Untuk meringankan penyakit maag, ada beberapa hal yang harus dilakukan, seperti faktor – faktor yang dapat menjadi pemicu timbulnya gejala, mengusahakan makan dengan porsi kecil, tapi lebih sering dengan pengaturan makan yang teratur setiap tiga jam sekali, dan mengkonsumsi obat maag yang dapat menurunkan asam lambung. Pada penyakit maag kronis sering kali pengobatan dengan diet dan obat maag tidak dapat menyembuhkan penyakit hingga tuntas, hal ini dikarenakan pada maag kronis terdapat infeksi oleh kuman Helicobacter pylori, oleh karena itu pengobatan maag kronis memerlukan antibiotik untuk membasmi kuman, dan agar dapat dicapai penyembuhan yang maskimal digunakanlah kombinasi 2 jenis antibiotik. Bersumber dari: Ini Perbedaan Gejala Maag Akut dan Kronis | Mediskus

Perbedaan antara maag kronis dan maag akut



Artikel yang terkait :

Obat maag kronis di apotik



Obat tradisional darah tinggi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *